Searching...
Rabu, 01 Agustus 2012

Budi Rahayu Ketua Kwarcab Pramuka Gantikan Dadang Sufianto

ca: 86 kali

Cianjur, Parahyangan
R. Budi Rahayu Toyib, S.Sos, M.M.,M.T. terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Cianjur periode 2011– 2016 menggantikan ketua lama periode 2005-2010 Dr. H. Dadang Sufiyanto, M.M. pada musyawarah cabang (Muscab) XII Kwarcab Cianjur di gedung serba guna Bale Kartini Pramuka Cianjur, Sabtu (3/12).
Budi terpilih secara aklamasi setelah sebelumnya 33 perwakilan dari 32 perwakilan kwartir ranting dan 1 perwakilan kwartir cabang masing-masing mengusung bakal calon ketua secara bebas rahasia di tempat pemungutan suara yang telah ditentukan. Ke-33 perwakilan tersebut ternyata mengusung nama yang sama yakni R. Budi Rahayu Toyib.
Dengan hanya muncul satu nama calon  yang diusung, maka secara otomatis Budi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Inspektorat Badan Pengawas Daerah (Bawasda) Kabupaten Cianjur, terpilih sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Cianjur dengan dukungan penuh dari 33 perwakilan.
Selanjutnya Budi dilantik sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Cianjur periode 2011–2016 menggantikan ketua kwarcab periode 2005–2010 yang sempat diperpanjang hingga 2011.
Budi ketika ditemui Parahyangan usai pelantikan mengatakan, dengan dirinya terpilih  sebagai ketua kwarcab, ia  akan berusaha  melaksanakan  amanah dengan sebaik mungkin dengan membawa pramuka Cianjur menjadi lebih baik.
Langkah prioritas yang akan dia lakukan yakni dengan mengangkat pengurus kwarcab yang tahu dan paham pramuka secara profesional. Selain itu, Budi berjanji akan melaksanakan pelatihan-pelatihan kepramukaan untuk para guru, mengingat pramuka banyak dari kalangan pendidikan yakni anak-anak sekolah.
“Dengan prioritas tersebut, maka  keberadaan mereka diharapkan bisa lebih profesional,” katanya.
Selain itu, pihaknya akan mencoba pula bekerja sama dengan seluruh camat yang ada di Kabupaten Cianjur sehingga pihak pemerintahan kecamatan dapat menyediakan sarana dan prasarana bagi kegiatan pramuka, sehingga kegiatan pramuka di tingkat kwaran dapat dengan mudah bila akan melakukan berbagai kegiatan pramuka.
”Para camat diharapkan bisa memberikan bantuan berbagai fasilitas yang meringankan beban pengurus kwartir ranting,” kata Budi.
Budi juga berencana akan berkeliling mengunjungi seluruh kwartir ranting untuk bersilaturahmi dan mengenal lebih dekat dengan para pengurus dan anggota kwartir ranting. “Dengan mengunjungi semua ranting, maka saya akan tahu keberadaan ranting tersebut, ”katanya.
Kwarcab merencanakan akan membuat badan usaha di dalam pramuka sehingga dapat meningkatkan keuangan dalam kas pramuka. Ketua Kwaran Karangtengah Tatang S berharap, Ketua Kwarcab yang baru dapat membantu kwartir ranting dalam sarana dan prasana.
Pasalnya, kata Tatang,  hingga saat ini Kwaran Karangtengah masih kekurangan sarana dan prasarana yang diperlukan.
Tatang menilai, sosok Budi merupakan sosok yang pas untuk menjadi Ketua Kwarcab karena dia masuk pramuka sejak kecil dan merupakan seorang aktivis. Tatang yakin Budi bisa membawa pramuka di Cianjur menjadi lebih baik lagi.
Hal senada diungkapkan seorang aktivis pramuka Cianjur,  Unang. Ia berharap Ketua Kwarcab Cianjur yang baru benar-benar dapat menjalankan tugas dan program yang telah ada. Selain itu dapat melanjutkan pembangunan gedung pramuka yang belum terlaksana seperti mess pramuka dan gedung pusat pendidikan dan pelatihan pramuka. (mee)

0 komentar: